Welcome To Mas Jawa Blog :
Home » , » Dayagel Magnum, Bom Sosis Buatan PT. Dahana

Dayagel Magnum, Bom Sosis Buatan PT. Dahana

Written By muhammad idris on Selasa, 18 September 2012 | 08.21

Apa yang terlintas jika anda mendengar kata bom? Tentulah akan mampir ke otak kita bayangan gambar tentang benda dengan lilitan kabel berbagai warna, atau benda dengan penghitung waktu mirip jam yang melekat pada bom tersebut.  Ini wajar, kita biasa disuguhi film-film thriler dalam hollywood.
Namun, buang jauh-jauh pikiran tersebut tentang bom, jika melihat produk-produk bahan peldak yang diproduksi oleh PT Dahana. Sebagai karyawan Dahana yang bertugas di lapangan, mungkin tak asing lagi dengan benda-benda super berbahaya tersebut.
Nah bagaimana jika karyawan Dahana yang bekerja di administrasi, atau divisi yang lain yang tak berhubungan langsung dengan lapangan. Selain itu banyak pula pembaca Dfile yang berasal dari Stakeholder yang bukan karyawan. Majalah bulanan PT Dahana kali ini coba mengungkap salah satu bahan peledak dari sekian banyak bahan peledak produksi BUMN yang kini bermarkas di Subang ini.
Dari sekian banyak produk-produk bahan peledak Dahana, salah satunya adalah Dayagel magnum. Dayagel banyak digunakan untuk membantu operasi di pertambangan umum dan kuari konstruksi, bentuknya jauh dari bom pada umumnya. Jika anda sering nonton TV, pastinya pernah melihat iklan sosis So Nice, yah betul, Dayagel lebih mirip sosis ketimbang bom dalam bayangan orang kebanyakan, bentuknya bulat memanjang di bungkus plastik, yang di ujungnya diikat dengan logam.
Cara pembuatan Dayagel pun bisa dikatakan mirip seperti membuat dodol, Pertama, bahan campuran cair digodok dalam sebuah alat pendidih yang mirip kuali raksasa, setelah dipanaskan hingga padat, di masukan dalam mesin untuk kemudian dikemas dalam kantok plastik berbentuk tabung. Kantong plastik tadi sebelumnya telah dilapisi dengan lilin untuk mencegah terkontaminasi air saat digunakan.
Nah setelah kedua proses tersebut, kedua ujung plastik diikat erat dengan memakai logam dari tembaga, inilah yang membuat Dayagel ini mirip sosis ketimbang Bom, setelah itu, barulah Dayagel-Dayagel yang “sudah matang” tadi dikemas dalam kardus untuk disimpan dalam gudang.
Seandainya anda membawa salah satu Dayagel dan dibawa jalan-jalan, orang tentu tak akan tahu kalau bawaan anda itu sebuah bom yang berdaya ledak sangat tinggi.
Namun itu tidak mungkin terjadi. PT Dahana benar-benar memakai sistem yang sangat super ketat untuk bahan peledak produksinya, bahkan akses yang sangat terbatas untuk karyawannya sendiri, prosedur pembelian bom produksi dahana pun terbilang berliku dan panjang, perusahaan pembeli harus mendapat izin dari beberapa institusi pemerintah. Bisa dibayangkan jika Dayagel ini jatuh ke orang yang salah, keamanan tentu dalam bahaya besar.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Komentar Terbaru

 
Support : Mas Jawa Official Web | Muhammad Idris | Bejos dan Rekan
Proudly powered by PT MAS JAWA CORP
Copyright © 2014. Mas Jawa - Hak Cipta Mas Jawa Dilindungi Undang-Undang
Template Design by Mas Jawa Official Web Published by Bejos